Senin, 01 Oktober 2012
Pemanfaatan Grafik dan Pengolahan Citra dalam Kehidupan Sehari-hari
Grafik Komputer adalah salah satu cabang dari ilmu komputer yang
berkonsentrasi kepada pengolahan gambar atau manipulasi gambar secara digital.
Grafik komputer berawal dari bentuk yang sederhana yaitu 2D.
Seiring teknologi semakin maju, bentuk sederhana dari grafik
computer, yaitu 2D berubah menjadi 3D. Ilmu grafik komputer ini sangat berguna
untuk memvisualisasikan benda-benda yang nyata menjadi benda grafis.
Untuk membuat suatu grafik komputer yang baik,
diperlukan keahlian-keahlian khusus, yaitu ilmu geometri ( menggambar permukaan
bidang), animasi (menggambar dan memanipulasi suatu gerak), rendering
(algoritma untuk menampilkan afek), dan citra (pengambilan atau penyunting
gambar). Contohnya, untuk membuat sebuah karakter tokoh manusia, seorang grafik
komputer memerlukan desain manusia secara virtual, bagaimana bentuk badannya,
anggota tubuhnya, wajah serta hal-hal yang detail, sehingga gambar tersebut
mendekati seperti aslinya. Setelah itu menentukan animasi gerak, seperti raut
muka dan mimik muka.
Grafika komputer digunakan diberbagai
bidang seni, sains, bisnis, pendidikan, dan hiburan, sebagai contoh :
- Kesehatan
/ kedokteran
- Sistem
multimedia
- Perpetaan
/ cartography
- Sistem
paint
- Presentasi
data statistik, dll
Aplikasi grafika komputer adalah program komputer yang dirancang khusus untuk menghasilkan grafis
atau representasi visual dari data kedalam bentuk gambar, slide, dan
sebagainya. contoh aplikasi yang menggunakan komputer grafis adalah :
- video game
Video game adalah permainan yang melibatkan
interaksi dengan user interface (antarmuka pengguna) untuk menghasilkan umpan
balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi ini banyak beredar
dipasaran, mulai dari yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang
rumit (3 dimensi) yang memerlukan resource banyak, seperti game sepak bola
Winning Eleven.
PENGOLAHAN CITRA
Salah satu cabang ilmu dari grafik komputer adalah pengolahan citra. Yaitu mengolah dan
memanipulasi suatu citra. Pengolahan citra sangat dibutuhkan sekali dalam
grafik komputer, agar mendapat hasil yang baik. Salah satu contoh pada
permainan berteknologi terlaris yang diluncurkan oleh Electronic Arts (EA)
yaitu THE SIMS 3. The sim 3 ini merupakan implementasi dari suatu grafik
komputer yang berhasil memuaskan para penggila game dan merupakan salah satu
pencetak angka penjualan terbesar di Eropa.
Mikroskop
elektron adalah salah satu contoh dari pengolahan citra dalam bidang kedokteran, yang di maksud dengan mikroskop elektron adalah sebuah mikroskop yang dapat
memperbesar detail sangat kecil dengan kekutan sehingga menyelesaikan tinggi
akibat penggunaan elektron sebagai sumber penerangannya. Pembesaran dalam hal
ini di tingkat hingga 2.000.000 kali. Adapun kegunaan dari mikroskop elektron
yaitu digunakan dalam patologi anatomi. Patologi anatomi ini berfungsi
untuk mengindentifikasi organel dalam sel namun kegunaanya telah sangat
dikurangi dengan immunhistochemistry tetapi masih tak tergantikan untuk
diagnosis penyakit ginjal, identifikasi sindrom silia immotile dan banyak
tugas-tugas lainnya.
Contoh aplikasi lainnya :
* pemetaaan tutupan
lahan dan pendeteksian perubahan lahan.
* penilaian pertanian
dan monitoring.
* manajemen pantai
dan sumber daya laut.
* explorasi mineral.
* explorasi minyak
dan gas.
* manajemen sumber
daya hutan.
* perencanaan kota
dan pendeteksian perubahan lahan kota.
* pemasangan dan
perencanaan telekomunikasi.
* oseanografi fisik.
* pemetaan topografis
dan geologis.
* pemetaan dan pendeteksian es laut.
Diposting oleh aryanto di 04.21
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar