Jumat, 04 Januari 2013

SOFTWARE PADA KOMPUTER


BAB  I. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Perangkat Lunak (software) adalah kumpulan beberapa perintah yangdieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkatlunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah,maupun dokumen serta arsip lainnya.Perangkat Lunak (software) merupakan data elektronik yang disimpansedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupaprogram atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yangdijalankannya.

            Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunanlogika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut jugadengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software inimelibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data.Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapatdimengerti oleh mesin komputer.


1.2 Identifikasi Masalah

•    Kerusakan atau kesalahan Hardware

            Kerusakan atau kesalahan pada bagian hardware mencakup seluruh komponen jaringan antara lain mencakup server, workstation (client), Kartu Jaringan, Pengkabelan dan konektor, serta komponen jaringan tambahan lainnya seperti Hub/switch, router, dan sebagainya. 

•    Kesalahan software

            Kesalahan bagian software berhubungan dengan kesalahan bagaimana setting dan konfigurasi jaringan yang berkaitan dengan system operasi baik pada komputer server maupun komputer workstation (client) yang digunakan, jenis protokol yang dipakai serta topologi jaringan.  

1.3 Rumusan Masalah

1.      Sejarah perangkat lunak ?
2.      Jenis – Jenis software pada komputer?
3.      Jenis – jenis sistem operasi ?
4.      Apa yang dimaksud dengan sistem operasi atau operating system (OS)?
5.      Bagaimana sejarah sistem operasi?

1.4 Tujuan

1.      Memahasi pengertian pada software pada komputer
2.      Mengetahui sejaeah dari software
3.      Memahami pengertian sistem operasi
4.      Mengetahui sejarah sistem operasi komputer
5.      Memahami perkembangan perangkat lunak sistem operasi
6.      Mengetahui jenis – jenis sistem operasi.

1.5 Manfaat

Software atau sebagian orang mengenalnya  yaitu perangkat lunak merupakan sesuatu yang hanya bisa kita rasakan kehadirannya ataupun manfaatnya tanpa kita bisa memegangnya, tapi kita bisa mengoperasikannya. Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free.

Software (perangkat lunak) merupakan sekumpulan program komputer yang berguna untuk menjalankan dan menunjang suatu pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan kita. Suatu program biasanya ditulis atau dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman khusus yang bisa didefinisikan oleh komputer. Secara garis besar software terdiri dari beberapa jenis, diantaranya sistem operasi, program utility, program aplikasi, program paket, dan bahasa pemrograman.

Banyak manfaat yang bisa kita peroleh, seperti program aplikasi bisa membantu kita dalam pengerjaan tugas-tugas kuliah contohnya adalah mapinfo, global mapper, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ataupun bisa memberikan kita hiburan dikala kita membutuhkan suatu hiburan seperti winamp, Jet audio, permainan (games), dan masih banyak lagi yang lainnya.


BAB II . Landasan Teori

A.    Landasan Teori Hipotesis

A.    Pengertian Paerangkat Lunak

Perangkat Lunak (software) adalah kumpulan beberapa perintah yangdieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkatlunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah,maupun dokumen serta arsip lainnya.Perangkat Lunak (software) merupakan data elektronik yang disimpansedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupaprogram atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yangdijalankannya.

      Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunanlogika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut jugadengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software inimelibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data.Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapatdimengerti oleh mesin komputer.

Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dandiatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan prosespengolahan data.

Software sebagai penghubung  antara  manusia s ebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia kedalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.

           Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dandisimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, danberbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain,bagian sistem komputer yang tidak berwujud.Sejarah Perangkat Lunak 

·         Era PionerPerangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat keras

Era StabilPerangkat lunak dapat mejalankan beberapa fungsi, mampu melayanibanyak pengguna, mulai dikenal sistem basis data yang memisahkanprogram degan data


·         Era MikroPerangkat lunak mulai dibedakan menjadi 2, yaitu :

A.    perangkat lunak sistem : menangani maslah internal

B.     perangkat lunak aplikasi : digunakan untuk keperlua tertentu

·         Era Modern

Mulai mengenal masukan berbentuk suara dan gambar Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis ataufree ( Freeware, free software, shareware, adware) .

Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijinada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoftwindows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.

Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputerberhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembanganselanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang di distribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suitebrowser dan mail client dan Mozilla News, juga di distribusikan di bawah GPL(Free Software).

Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harusgratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti darikebebasan : program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan,disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluardari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware.

Klasifikasi inimempengaruhi cara di mana program dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal.Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau denganmenggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari) . Dengan demikian,memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari program. Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak antivirus, perusahaan-perusahaan ini biasanya. Me mudahkan  pelepasan  produk  evaluasi  yang  hanya  berlaku  untuk  jumlah  hari tertentu. Setelah melewati maksimum, program akan berhenti bekerja dan Anda perlu membeli produk jika Anda ingin tetap menggunakannya.

Kita juga dapat menemukan perangkat lunak bebas sepenuhnya, namuntermasuk dalam program periklanan, distribusi jenis ini disebut Adware. Sebuahcontoh yang jelas adalah program Messenger dari Microsoft yang memungkinkan penggunaan perangkat lunak bebas dalam pertukaran untuk masuk dengan caraiklan banner atau pop-up.Perangkat lunak komputer berfungsi untuk :

1.      Mengidentifikasi program

2.      Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkatkomputer terkontrol.

3.      Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.

B.  Macam-macam Perangkat Lunak

Perangkat lunak terbagi menjadi 4 macam, yaitu :

1.      Sistem Operasi (Operating System)

2.      Program Aplikasi (Application Programs)

3.      Bahasa Pemrograman (Programming Language)

4.      Program Bantu (Utility)

1.       Sistem Operasi (Operating System)

Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikansistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem Operasi perangkat lunak yang mengatur seluruh proses, menerjemahkan  masukkan, mengatur proses internal, mengelola penggunaan memori, dan memberikan keluaran ke peralatan  yang  sesuai Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat  keras dan perangkat lunak yang  akan digunakan. Adapun  fungsi utama sistem operasi adalah :

·         Menyimpan program dan aksesnya

·         Membagi tugas di dalam CPU

·         Mengalokasikan tugas-tugas penting

·         Merekam sumber-sumber data

·         Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus danmendapatkan data

·         Memeriksa kesalahan sistem

·         Multitugas pada OS/2″, Windows ’95″, Windows ’98″, Windows NT”, /2000/XP

·         Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkankata sandi (password ) dan penggunaan ID

Contoh Sistem Operasi, misalnya : Disk operating System (DOS),Microsoft Windows, Linux, dan Unix.

1.      Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna darikomputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi,orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dansinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi,pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri.

Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan  penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistemkomputer.

Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara, dalamarti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secarabenar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat penggunamenggunakan sumber-daya yang sama, sistem operasi mengatur penggunamana yang dapat mengakses suatu sumber-daya. Sistem operasi juga seringdisebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialahsebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan(error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.

2.      Sejarah Sistem Operasi

Menurut Tanenbaum, sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang  dapat dibagi  kedalam  empat  generasi :

Generasi Pertama (1945-1955)

Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasielektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkankecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudahuntuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasiini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yangharus dikerjakan secara langsung.

Generasi Kedua (1955-1965)

Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Jobyang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasiialah FMS dan IBSYS.

Generasi Ketiga (1965-1980)

Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer, maka sistemoperasi menjadi multi-user (di gunakan banyak pengguna sekali gus) danmulti- programming (melayani banyak program sekali gus).

Generasi Keempat (Pasca 1980an)

Dewasa ini, sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer- komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada masa ini para pengguna juga telahdi nyamankan dengan Graphical User Interface yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman, pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satutitik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebihbaik.

3.      Macam-Macam Sistem Operasi

Sistem Operasi jenisnya banyak sekali, kita tinggal memilih jenis apayang akan digunakan di komputer kita. Mulai dari yang berlisensi sampaidengan yang gratis (open source), diantaranya adalah

1.      DOS2.

2.      Windows, beberapa versi windows : Windows 95, Windows 98,Windows 2000 Profesional, Windows 2003, Windows XP WindowsVista, 3. Linux, macam-macam distro linux : Redhat Fodore CoreMandrake Suse Knoppix dan Ubuntu/Edubuntu

3.      Apple System

4.      Machintos

2.      Program Aplikasi (Aplication Programs)

 Program Aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khususuntuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata, mengelola lembarkerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain.

·         Pemoses Kata : Word Star, Chi Write, MS Word

·         Spreetsheet : Excel

·         Multimedia : Winamp, Real Player

·         Internet : browsing, email, chatting, messenger

·         Pengolah gambar : Auto Cad

·         Presentasi : Power Point

·         Basis Data : MS Access

·         Elemen access :

1.      Table : menyimpan data

2.      Query : memanipulasi data

3.      Form : frontend aplikasi

4.      Report : membuat laporan

5.      Macro : melakukan satu atau beberapa fungsi

6.      Switchboard : membuat menu utama

1        Grafis : Photoshop Tugas  yang  dapat dilakukan dengan  photoshop adalah :

1.      Membuat tulisan dengan efek tertentu

2.      Membuat tekstur dan material yang beragam

3.      Memanipulasi gambar dan photo yang sudah ada

4.      Memproses materi web

2        Virus Komputer

Sebuah program komputer yang memiliki kemampuan untuk menggandakan diri dengan menyisipkan program/script ke dalam sebuah file lain

Jenis virus berdasarkan sasaran penyebarannya,antara lain yaitu :

  •  Virus Boot Sector
Funsi dari virus ini yaitu menginfeksi bootsector. Bootsector adalahbagian dari sebuah media penyimpanan yang pertama kali dibaca olehsistem operasi saat media tersebut diakses. Diman virus ini nantinyaakan berkembang menjadi virus partisi
  •  Virus File

Virus ini nantinya akan menyisipkan program dalam sebuah file.
  •  Virus Mackro                                                                                                                                                      Contoh dari virus ini yaitu WordMacro menginfeksi file databerekstensi .DOC

Perangkat lunak aplikasi merupakan perangkat lunak yang biasadigunakan oleh siapa saja untuk membantu pekerjaannya. Perangkat lunak aplikasi dapat dengan mudah di install di dalam komputer kita. Perangkat lunak aplikasi dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu :

a)      Program Aplikasi

Program aplikasi merupakan program yang langsung dibuat olehseorang programmer yang disesuaikan dengan kebutuhan seseorangataupun untuk kebutuhan suatu perusahaan, biasanya menggunakan bantuansuatu bahasa pemrograman. Misalnya menggunakan visual basic, PHPataupun bahasa pemrograman apa saja yang mendukung. Contoh dariprogram aplikasi adalah :

1        Program penggajian karyawan (Payroll)

2        Program penjualan tiket pesawat/kapal Laut.

3        Program kasir

4        Program billing warnet/wartel

b)      Program Paket
Program paket merupakan program khusus dalam paket- pakettertentu yang dibuat oleh software house ataupun langsung bawaan darisuatu Sistem Operasi. Dibawah ini akan diberikan contoh macam-macamprogram aplikasi paket, yaitu :

1        Program pengolah kata, contohnya adalah : Microsoft Word, OpenOffice.org Writter, ChiWritter, Word Perfect, WordStar, K Writter,Amipro, dll.

2        Program pengolah angka, contohnya adalah : Microsoft Excel, OpenOffice.org Calc, Quattro Pro, Lotus 123, dll.

3        Program presentasi, contohnya adalah : Microsoft Power point, OpenOffice.org Impres, Magic Point, Corel Presentation, Apple Work, dll.

4        Program design grafis, contohnya adalah : Adobe Photoshop, CorelDraw, Free Hand, Auto Cad, dll.

5        Program browser, contohnya adalah : Internet Explorer, ModzillaFirefox, Opera, Netscape Communicator.

6        Program database, contohnya adalah : Microsoft Access, OpenOffice.org Base, Visual Foxpro, Fox Base, Dbase I- IV, dll.

7        Program animasi, contohnya adalah : Macromedia Flash, Swish, dll.

8        Program multimedia, contohnya : Windows Media Player, WinAmp,Cyberlink, Real Player, DVD Player

3.     Bahasa Pemrograman  (Programming Language)

            Perangkat  lunak   bahasa  yaitu program  yang  digunakan  untuk  menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman kebahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer. Bahasa Pemrograman bertugas mengkonversikan arsitektur danalgoritma yang dirancang manusia ke dalam format yang dijalankan komputer Contoh: BASIC, COBOL, Pascal, C++, FOTRAN
Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu :

 ·         Bahasa tingkat rendah (low level language)

Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler), dimanapengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.

·         Bahasa tingkat tinggi (high level language)

Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudahdipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris.Contohnya : BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.

·         Bahasa generasi keempat (4 GL)

Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language)merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut ObjectOriented Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic,Delphi, Visual C++

Perangkat Lunak Bahasa (Language Program), yaitu program yangdigunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasapemrograman ke dalam bahasa mesin agar dapat diterima dan dipahami olehkomputer.

High Level Language (Bahasa Tingkat Tinggi)

Bahasa tingkat tinggi merupakan bahasa yang mudah dimengerti oleh siapa saja yang mau belajar, karena  bahasa  ini  dibuat  dengan  menggunakan bahasa manusia sehari-hari. Bahasa tingkat tinggi saat ini biasa dimanfaatkan untuk membuat program-program aplikasi berbasiskan bisnis ataupun berbasiskansains. Contoh dari bahasa tingkat tinggi adalah : Basic, dBase, Cobol, Pascal,C++, Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi, PHP, dan masih banyak yanga lainnya. 

4.  Program Bantu (Utility)
  
Perangkat  Lunak  merupakan  perangkat  lunak  yang  berfungsi  sebagai  aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer,misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.Contoh software ini diantaranya :

·         Norton Utility

·         Winzip

·         Norton Ghost

·         Antivirus

·         Defragment

·         Scandisk


BAB III : Penutup

3.1  Kesimpulan

·         Sistem operasi (OS) merupakan program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasi kegiatan dari sistem komputer serta bertanggung jawab, mengendalikan dan mengkoordinasikan semua operasi kegiatan secara efisien dan efektif. 

·         Sejarah Sistem Operasi
 - Generasi Pertama (1945-1955), pada masa ini kemampuan komputer masih sangat terbatas, dan sistem operasi yang digunakan masih seringmelakukan kesalahan.
- Generasi Kedua (1955-1965), Pada generasi ini sistem komputer belumd ilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS.
- Generasi Ketiga (1965-1980), Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan menjadi multi-user (di gunakan banyak pengguna sekali gus) dan multi-programming (melayani banyak program sekaligus). 
- Generasi Keempat (Pasca 1980an), Pada masa ini sistem komputertelah bersifat canggih dan dapat menjalankan banyak perintah daripengunanya, sehingga sangat memudahkan penggunanya.

·         Perkembangan Perangkat lunak Operating System Perkembangan perangkat lunak sistem operasi dari zaman ke zaman selalu menjadi lebih baik dan lebih canggih dan mempunyai multi fungsi yang sangat memudahkan penggunanya.
 
·         Jenis – jenis Perangkat Lunak Operating System
          1). DOS Beberapa produk DOS, adalah  :  DOS 1.0, DOS 2.0, DOS 3.0, DOS 3.1, DOS 3.2, DOS 3.3, DOS 4.0, DOS 5.0 dan DOS 6.0
          2). Windows
          3). MAC OS
          4). OS/2
          5). UNIX
             
3.2   Saran

Semua sistem operasi komputer memiliki kelebihan dan kekuranga masing – masing, serta ada juga sistem operasi yang mesti didukung oleh jenis komputer yang sesuai, jadi dalam menggunakan sistem operasi sebaiknya anda gunakan sistem operasi yang sesuai dengan komputer yang anda miliki, agar tidak terjadi masalah dengan komputer anda.



DAFTAR PUSTAKA :



0 komentar:

Template by - Abdul Munir - 2008 - layout4all