Sabtu, 05 Januari 2013

Istilah - Istilah Dalam Model Relasional


Relasi

Merupakan sebuah tabel yang terdiri dari beberapa kolom dan beberapa baris. Relasi menunjukkan adanya hubungan diantara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda. Entitas merupakan individu yang mewakili sesuatu yang nyata dan dapat dibedakan dengan yang lainnya.

Atribut

            Merupakan kolom pada sebuah relasi. Setiap entitas pasti memiliki aribut yang mendeskripsikan karakter dari entitas tersebut. Penentuan atau pemilihan atribut-atribut yang relevan bagi sebuah entitas merupakan hal penting dalam pembentukan model data.

Tupel

Merupakan baris pada sebuah relasi atau kumpulan elemen-elemen yang saling berkaitan menginformasikan tentang suatu entitas secara lengkap. Satu record mewakilisatu data atau informasi tentang seseorang, misalnya : NPM,nama mahasiswa, alamat,kota, dll.

Domain

Kumpulan nilai yang valid untuk satu atau lebih atribut

Derajat

Jumlah atribut dalam sebuah relasi

Cardinality

Jumlah tupel dalam sebuah relasi





Relational Keys

Super Key

Adalah sebuah atau sekumpulan atribut yang secara unik mengidentifikasi sebuah tupel dalamtabel relasi. Berdasarkan contoh tabel MHS sebelumnya, super key yang mungkin adalah(NPM), (NPM, Nama), (NPM, Alamat), (Nama, Alamat), dan (NPM, Nama, Alamat).


Candidate Key

Adalah super key yang himpunan bagian yang sebenarnya tidak ada yang menjadi super key juga.Berdasarkan contoh super key sebelumnya, candidate key yang mungkin adalah (NPM) dan(Nama, Alamat). Atribut Nama dan Alamat dapat dijadikan candidate key jika kombinasikeduanya bisa menjadi pengidentifikasi yang unik untuk sebuah tabel relasi.

Primary Key

Adalah candidate key yang dipilih sebagai pengidentifikasi unik untuk sebuah tabel relasi.Berdasarkan contoh candidate key sebelumnya, primary key yang dipilih adalah (NPM), karenanilai NPM sangat unik dan tidak ada 2 mahasiswa yang memiliki NPM yang sama.

Alternate Key

Adalah candidate key yang tidak dipilih sebagai primary key. Berdasarkan contoh candidate keysebelumnya, alternate key adalah (Nama, Alamat).
  


0 komentar:

Template by - Abdul Munir - 2008 - layout4all