Senin, 21 Januari 2013

Laporan Penelitian PI (Tugas ke 4)


LAPORAN PENELITIAN PENULISAN ILMIAH






Nama                     : Aryanto
Npm                       : 11110158
Kelas                      : 3KA08
Judul Penelitian     : Software Pada Komputer




I . PENDAHULUAN

Sejarah komputer sudah dimulai sejak zaman dahulu kala. Sejak dahulu kala,proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukanalat-alat mekanik dan elektronik (mechanical and electronic) untuk membantumanusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasillebih cepat.

Computer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang daripenemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik  (mechanical) maupun elektronik (electronic)Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan.

Computer yang ada sekarang memiliki kemampuanyang lebih dari sekedar perhitungan mathematics biasa. Diantaranya adalah sistemkomputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja,sentral telephone yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yangberbagai tempat di dunia.

II. LATAR BELAKANG

Perangkat Lunak (software) adalah kumpulan beberapa perintah yangdieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkatlunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah,maupun dokumen serta arsip lainnya.Perangkat Lunak (software) merupakan data elektronik yang disimpansedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupaprogram atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yangdijalankannya.

      Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunanlogika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut jugadengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software inimelibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data.Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapatdimengerti oleh mesin komputer.

III. DASAR TEORI

Dalam membuat laporan penelitian ini saya menggunakan dasar teori Tentang software pada komputer sebagai bahan acuan untuk melakukan penelitian.

IV. POKOK PENELITIAN

Sebelumnya perlu dipahami bahwa gaya penelitian di bidang komputer (computing) secara umum Perangkat Lunak (software) adalah kumpulan beberapa perintah yangdieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikansistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain.

1. A  Software  Paerangkat Lunak )

Perangkat Lunak (software) adalah kumpulan beberapa perintah yangdieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkatlunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah,maupun dokumen serta arsip lainnya.Perangkat Lunak (software) merupakan data elektronik yang disimpansedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupaprogram atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yangdijalankannya.

Macam-macam Perangkat Lunak

Perangkat lunak terbagi menjadi 4 macam, yaitu :

1.      Sistem Operasi (Operating System)

2.      Program Aplikasi (Application Programs)

3.      Bahasa Pemrograman (Programming Language)

4.      Program Bantu (Utility)

1.B  Sistem Operasi (Operating System)

Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikansistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem Operasi perangkat lunak yang mengatur seluruh proses, menerjemahkan  masukkan, mengatur proses internal, mengelola penggunaan memori, dan memberikan keluaran ke peralatan  yang  sesuai Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat  keras dan perangkat lunak yang  akan digunakan. Adapun  fungsi utama sistem operasi adalah :

·         Menyimpan program dan aksesnya

·         Membagi tugas di dalam CPU

·         Mengalokasikan tugas-tugas penting

·         Merekam sumber-sumber data

·         Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus danmendapatkan data

·         Memeriksa kesalahan sistem

·         Multitugas pada OS/2″, Windows ’95″, Windows ’98″, Windows NT”, /2000/XP

·         Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkankata sandi (password ) dan penggunaan ID


1.C     Program Aplikasi (Aplication Programs)

 Program Aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khususuntuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata, mengelola lembarkerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain.

      ·         Pemoses Kata : Word Star, Chi Write, MS Word

·         Spreetsheet : Excel

·         Multimedia : Winamp, Real Player

·         Internet : browsing, email, chatting, messenger

·         Pengolah gambar : Auto Cad

·         Presentasi : Power Point

·         Basis Data : MS Access

·         Elemen access :

1.      Table : menyimpan data

2.      Query : memanipulasi data

3.      Form : frontend aplikasi

4.      Report : membuat laporan

5.      Macro : melakukan satu atau beberapa fungsi

6.      Switchboard : membuat menu utama.


1.D     Perlengkapan Dan Peralatan Penelitian

Metode penelitian berhubungan erat dengan prosedur, teknik, alat, serta desain penelitian yang digunakan. Desain penelitian harus cocok dengan pendekatan penelitian yang dipilih. Prosedur, teknik, serta alat yang digunakan dalam penelitian harus cocok pula dengan metode penelitian yang ditetapkan.
Metode penelitian menggambarkan rancangan penelitian yang meliputi prosedur atau langkah-langkah yang harus ditempuh, waktu penelitian, sumber data, serta dengan cara apa data tersebut diperoleh dan diolah/dianalisis. Dalam praktiknya terdapat sejumlah metode yang biasa digunakan untuk kepentingan penelitian. Beikut ini akan dikemukakan secara singkat beberapa metode penelitian sederhana yang sering digunakan dalam penelitian pendidikan.

V. KESIMPULAN

Berbagai contoh klasik problem sinkronisasi berguna untuk mengecek setiap skema baru sinkronisasi. Monitor termasuk ke dalam level tertinggi mekanisme sinkronisasi yang berguna untuk mengkoordinir aktivitas dari banyak thread ketika mengakses data melalui pernyataan yang telah disinkronisasi

VI. SARAN

Semua sistem operasi komputer memiliki kelebihan dan kekurangan
masing – masing, serta ada juga sistem operasi yang mesti didukung oleh jenis
komputer yang sesuai, jadi dalam menggunakan sistem operasi sebaiknya anda
gunakan sistem operasi yang sesuai dengan komputer yang anda miliki, agar tidak
terjadi masalah dengan komputer anda.

VII. DAFTAR PUSTAKA



0 komentar:

Template by - Abdul Munir - 2008 - layout4all