Kamis, 24 Maret 2011

THE HARVEST OF THE SEASON

             Dalam bab selanjutnya terdapat bab The Harvest of Season yaitu awal migrasi manusia, pertanian,permukiman pertama, dan perang. Langkah terbesar dalam pendakian manusia adalah perubahan dari cara hidup nomaden ke desa pertanian, yang dimungkinkan oleh serangkaian peristiwa alam dan manusia. Pertanian menetap menciptakan teknologi dari mana semua ilmu lepas landas.
            Mereka mulai migrasi diakibatkan oleh suatu hal yang mendasar yaitu akibat bahan makanan mulai menipis serta juga cuaca yang ekstrim. Mereka bermigrasi ketemapat yang mereka belum tempati dan untuk melihat dunia yang baru. Pada asaat ini mereka sudah menggunakan alat tombak yang ujungnya terbuat dari tulang hewan ataupun dari batu untuk berjaga diri sendiri maupun kelompok mereka. 
           Awal mereka bermukim adalah pada masa Prasejarah mereka sudah mulai menetap disuatu tempat, meramu dan menggunakan alat-alat pertanian ataupun rumah tangga yang sudah agak modern. Misalkan alat- alat yang terbuat dari gerabah
            Sejarah manusia itu sangatlah unik, disana ada evolusi biologi, hal-hal yang memisahkan kita dari nenek moyang kita yaitu “kera”.Nenek moyang kita menghuni bumi selama beberapajuta tahun, di dalamnya pastilah mengandung sejarah kebudayaan mereka suatu peradaban panjang  yang lama-kelamaan telah dipisahkan dari kehidupan kita, yaitu berburu, yang kita dapat dari nenek moyang kita di Afrika, atau kebudayaan mengumpulkan makanan dari nenek moyang kita di Australia. Lalu yang kedua, ternyata beberapa ribu tahun yang lalu juga terdapat kesenjangan budaya di dalam kehidupan manusia prasejarah ini, hal ini lalu kembali lagi hanya sekitar dua belas ribu tahun  .Mulai dari sekarang saya hanya akan mebahas mengenai dua puluh ribu tahun yang lalu dari kehidupan nenek moyang kita. Ternyata, disana terdapat segala hal mengenai pendakian manusia yang sedang kita pikirkan sekarang.
            Di butuhkan minimal dua juta tahun untuk merubah manusia dari makhluk gelap kecil dengan batu ditangannya, Australopithocusdi Afrika Tengah, kebentuk yang lebih modern, yaituHomo sapiens.Itulahkecepatandarievolusibiologi – meskipun begitu, kecepatan evolusi biologi manusia ternyata lebih cepat dari evolusi biologi hewan lainnya.Tapi dibutuhkan lebih kurang dua puluh ribu tahu nuntuk sebuah Homo sapiens menjadi makhluk yang anda dan saya inginkan : artis dan peniliti, pembangun kota dan perencanaan untuk masa depan, pembaca dan pelancong, semangat untuk menjelajah fakta dari alam dan emosi manusia, sangatlah kaya akan pengalaman dan keberanian dalam berimajinasi dari pada leluhur leluhur kita. Inilah dia kecepatan dari evolusi budaya ;sekali hal ini pergi, dia pergi sebagai perbandingan dari dua nomer yang pergi, sedikit nya seratus kali lebih cepat dari evolusi budaya itu sendiri.
            Sekali dia pergi inilah kata terpenting. Ada satu pertanyaan,“Mengapa perubahan budaya yang membuat manusia manguasai bumi bermula baru-baru ini ?” sekitar dua puluh ribu tahun yang lalu,manusia dengan seluruh bagian yang ada di dunia yang dia miliki sampailah pada diri seorang penjelajah dan diri seorang pemburu,hal ini dengan beberapa karakterristik yaitu, mereka lebih mahir untuk bergerombolan ketika bergerak dalam berburu,seperti yang masih sering dilakukan orang-orang Lapps sampai sekarang. Sepuluh ributahun pun telah berlalu, nenek moyang kita mulai dari beberapa tempat untuk hidup, sampai dengan menjinakkan beberapa hewan dan menanam beberapa tumbuh-tumbuhan disekitar daerah tempat tinggal mereka.
            Kita bias mengkapapa yang terlihat dan, apa yang sekan-akan, bau dari sebuah sungaies. Musim semi di Iceland dapat memutar balik keadaan menjadi seperti di zamanes, tetapi sesekali musim semi kembali kesemuadaratan Eropa dan Asia ketika musim es berakhir.Perjalanan hidup manusia itu sendiri, harus melewati kesulitan yang luar biasa, mereka mengembara dari Afrika lebih dari satu juta tahun yang lalu, mereka bertarung melewati zamanes, dan akhirnya menemukan tanah yang telah berbunga dan dikelilingi oleh hewan-hewan disekitarnya, dan mereka bergerak kejenis yang berbeda dari kehidupan ini.
            Hal diatas biasa dipanggil dengan perubahan dalam pertanian. Tapi saya piker perubahan itu adalah sesuatu yang lebih“liar” lagi, yaitu evoulusi biologi. Ada hal yang saling berkaitan dalam bercocok tanam dan proses menjinakkan hewan. Lalu dibawah pergerakan evolusi yang sangat penting ini, manusia sangat dominan terhadap lingkungan nya dalam sapek yang sangat penting tentunya, tidak secara fisik tapi dalam sebuah tingkatan kehidupan – tumbuhan dan hewan, bersamaan dengan hal ini, datanglah kekuatan keseimbangan alam, tentang perubahan social secara besar-besaran. Sekarang hal ini menjadi instrument terpenting bagi manusia untuk dapat menetap disuatu tempat.Lalu manusia membuat keputusan yang penting apakah dia harus berhenti menjadi pengembara dan beralih disuatu tempat, untuk menjadi penduduk desa yang menetap didaerahnya. Masih ada beberapa penjelajah yang masih sering bepergian dari satu tempat ketempatlainnya, melewati perjalanan trans manusia yang luas dari satu tanah, ke tanah lainnya suku Bakhtiari di Persia sebagai contohnya. Untuk dapat lebih mengerti masalah ini, anda harus pergi bersama, dan menetap bersama mereka,  untuk mengerti bahwa peradaban tidak akan dapat dibuat didalam perjalanan.
            Segalanya didalam kehidupan pengembara sudah sangat lama sekali, Suku Bakhtiari selalu pergi dengan kelompok mereka sendiri. Seperti pengembara lainnya, mereka berpikir bahwa mereka semua adalah satu keluarga. Anak dari seorang pendiri mereka. (Sama seperti orang yahudi memanggil diri mereka sendiri sebagai anak dari Israel atau Jacob). Suku Bukhtiari mengambil nama mereka dari penggembala legendaris Mongolia, Bakhtyar. Legenda asal mula merekapun dimulai Dan ayah dari orang-orang kita, manusia bukit.Bakhtyar, keluar dengan sangat cepat dari sisi selatan pegunungan dalam waktu kuno. Benih nya banyak sekali, seperti batu yang berserakan di pegunungan, dan orang-orangnya pun makmur.
            Istri pertama Bakhtyar memiliki tujuh anak laki-laki, ayah dari tujuh bersaudara garis dari orang-orang kita. Istri keduanya memiliki empat anak laki-laki. Dan anaklaki-laki kita akan mengambi listri-istri mereka dari saudara perempuan mereka dari tenda saudara laki-laki ayah mereka, supaya tanda-tanda lainnya dapat tersebar.
            Sebelum sepuluh ribu tahun sebelum masehi, para pengembara selalu mengikuti sifat migrasi alamiah mereka. Tapi domba dan kambing tidak mempunyai sifat migrasi natural.Mereka dijinakkan sekitar sepuluh ribu tahun yang lalu – hanya anjing yang menjadi pengikut tertua mereka dan ketika manusia menjinakkan hewan hewan ini, dia mengambil tanggung jawab dari alam  bahwa pengembara ini harus memimpin kawanan yang tidak berdaya ini sampai ketempat migrasi mereka.
            Peran seorang wanita di dalam rombongan pengembara sangat mudah untuk didefinisikan. Fungsi utama dari seorang wanita adalah memberikan anak kepada para pria terlalu banyak anak perempuan akan menimbulkan kemalangan, karena dalam perjalan panjang kawanan ini, mereka akan mengadapi bencana. Terpisah dari hal diatas, tugas mereka selanjutnya adalah menyiapkan makanan dan pakaian. Sebagai contoh, perempuan – perempuan di tengah suku bakhtiari sering membakar roti. Tapi mereka makan setelah para pria selasai memakan roti mereka. Seperti laki-laki hidup dari wanita ada ditengah – tengah kawanan suku pengembara ini. Mereka menyusi kawanan ini ketika kecil dulu, lalu mereka membuat sebuah yogurt dari susu dengan memutar nya ke dalam sebuah tas dari kulit kambing dengan sebuah perkakas kayu primitive. Mereka hanya membutuhkan teknologi yang sederhana yang bias membawa mereka kedalam perjalanan sehari-hari dari satu tempat, ketempat lainnya. Kederhanaan tidaklah romantis ini adalah masalah bertahan hidup. Segalanya haruslah ringan untuk dibawa, untuk dipersiapkan kepada kelompok mereka setiap petang dan untuk di bungkus kembali setiap pagi.
            Yang menjadi langkah terbesar dalam pendakian manusia adalah perubahan dari pengembara kemasayarkat yang mulai bertani. Ledakan dari tumbuhan barupa diakhir zamanes, gamdum hibrida pun muncul di timur tengah. Itu terjadi dibanyak tempat :tempat yang khusus adalah oasis purba Jericho.
            Jericho sendiri lebih tua dari bercocok tanam. Orang pertama yang dating kemari dan menetap dengan mata air Jericho,dalam hal ini tanah terpencil dimana orang-orang mulai memanen gandum, tapi tidak ada satu orang pun disana yang tahu bagaimana cara menananam gandum. Kita tahu ini karena mereka membuat perkakas untuk memanen gandum secara liar, dan ini adalah bagian yang luar biasa untuk tahu keperluan mereka dimasa depan. Mereka membuat sabit dari batu api yang telah bertahan . John Garstang menemukan mereka ketika dia sedang menggali di sanatahun 1930.  Sabit purba dibuat dengan gagang dari tanduk rusa, atau tulang.

0 komentar:

Template by - Abdul Munir - 2008 - layout4all