Perilaku konsumen
Perilaku konsumen Adalah tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan pencarian untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki suatu produk dan jasa mereka. Focus dari perilaku konsumen adalah bagaimana individu membuat keputusan untuk menggunakan sumber daya mereka yang telah tersedia untuk mengkonsumsi suatu barang.
Ada Dua wujud Perilaku Konsumen Yaitu :
- Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya sendiri.
- Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.
Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan membeli :
- Kebudayaan
- Kelas sosial
- Kelompok referensi kecil
- Keluarga
- Pengalaman
- Kepribadian
- Sikap dan kepercayaan
- Konsep diri
Pendekatan perilaku konsumen :
- Teori Kardinal : Dapat dihitung secara nominal.
- Teori Ordinal : Teori ini menggunakan kurva indiferensi.
10 Perilaku Konsumen Di Indonesia
- Berpikir jangka pendek (short term perspective).
- Tidak terencana (dominated by unplanned behavior).
- Suka berkumpul (sosialisasi).
- Gagap teknologi (not adaptive to high technology).
- Berorientasi pada konteks (context, not content oriented).
- Suka buatan Luar Negeri (receptive to COO effect).
- Beragama(religious).
- Gengsi (putting prestige as important motive).
- Budaya lokal (strong in subculture).
- Kurang peduli lingkungan (low consciousness towards environment).
0 komentar:
Posting Komentar