Senin, 01 Oktober 2012

Pemanfaatan Grafik dan Pengolahan Citra dalam Kehidupan Sehari-hari

Grafik Komputer adalah salah satu cabang dari ilmu komputer yang berkonsentrasi kepada pengolahan gambar atau manipulasi gambar secara digital. Grafik komputer berawal dari bentuk yang sederhana yaitu 2D. Seiring  teknologi semakin maju, bentuk sederhana dari grafik computer, yaitu 2D berubah menjadi 3D. Ilmu grafik komputer ini sangat berguna untuk memvisualisasikan benda-benda yang nyata menjadi benda grafis.

Untuk membuat suatu grafik komputer yang baik, diperlukan keahlian-keahlian khusus, yaitu ilmu geometri ( menggambar permukaan bidang), animasi (menggambar dan memanipulasi suatu gerak), rendering (algoritma untuk menampilkan afek), dan citra (pengambilan atau penyunting gambar). Contohnya, untuk membuat sebuah karakter tokoh manusia, seorang grafik komputer memerlukan desain manusia secara virtual, bagaimana bentuk badannya, anggota tubuhnya, wajah serta hal-hal yang detail, sehingga gambar tersebut mendekati seperti aslinya. Setelah itu menentukan animasi gerak, seperti raut muka dan mimik muka.

Grafika komputer digunakan diberbagai bidang seni, sains, bisnis, pendidikan, dan hiburan, sebagai contoh :
-          Kesehatan / kedokteran
-          Sistem multimedia
-          Perpetaan / cartography
-          Sistem paint
-          Presentasi data statistik, dll

Aplikasi grafika komputer adalah program komputer yang dirancang khusus untuk menghasilkan grafis atau representasi visual dari data kedalam bentuk gambar, slide, dan sebagainya. contoh aplikasi yang menggunakan komputer grafis adalah :

-          video game

Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface (antarmuka pengguna) untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi ini banyak beredar dipasaran, mulai dari yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit (3 dimensi) yang memerlukan resource banyak, seperti game sepak bola Winning Eleven.

PENGOLAHAN CITRA

Salah satu cabang ilmu dari grafik komputer adalah pengolahan citra. Yaitu mengolah dan memanipulasi suatu citra. Pengolahan citra sangat dibutuhkan sekali dalam grafik komputer, agar mendapat hasil yang baik. Salah satu contoh pada permainan berteknologi terlaris yang diluncurkan oleh Electronic Arts (EA) yaitu THE SIMS 3. The sim 3 ini merupakan implementasi dari suatu grafik komputer yang berhasil memuaskan para penggila game dan merupakan salah satu pencetak angka penjualan terbesar di Eropa.

Mikroskop elektron adalah salah satu contoh dari pengolahan citra dalam bidang kedokteran,  yang di maksud dengan mikroskop elektron adalah sebuah mikroskop yang dapat memperbesar detail sangat kecil dengan kekutan sehingga menyelesaikan tinggi akibat penggunaan elektron sebagai sumber penerangannya. Pembesaran dalam hal ini di tingkat hingga 2.000.000 kali. Adapun kegunaan dari mikroskop elektron yaitu digunakan dalam  patologi anatomi. Patologi anatomi ini berfungsi untuk mengindentifikasi organel dalam sel namun kegunaanya telah sangat dikurangi dengan immunhistochemistry tetapi masih tak tergantikan untuk diagnosis penyakit ginjal, identifikasi sindrom silia immotile dan banyak tugas-tugas lainnya.

Contoh aplikasi lainnya :

* pemetaaan tutupan lahan dan pendeteksian perubahan lahan.
* penilaian pertanian dan monitoring.
* manajemen pantai dan sumber daya laut.
* explorasi mineral.
* explorasi minyak dan gas.
* manajemen sumber daya hutan.
* perencanaan kota dan pendeteksian perubahan lahan kota.
* pemasangan dan perencanaan telekomunikasi.
* oseanografi fisik.
* pemetaan topografis dan geologis.
* pemetaan dan pendeteksian es laut.



0 komentar:

Template by - Abdul Munir - 2008 - layout4all